Sabtu, 28 April 2012

KARYA TULIS SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM


karya tulis SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM 
                                          

                                
 

Kata Pengantar
                                                                                                                          





Assalamualaikum,Wr.Wb
                    Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberi karunianya ,sehingga kami masih diberi kekuatan dan kesempatan untuk berkiprah memajukan dunia pendidikan tanah air.
                    Sebagai siswa SMP N 87 kami pun diberi tugas membuat KARYA TULIS yang berjudul “ sejarah masuknya islam di nusantara” dan saya bersyukur kepada Allah SWT karena rahmat nya kami pun berhasil menyelesaikan karya tulis tersebut.
                    Semoga karya tulis yang saya buat ini bisa dimengerti dan dipahami , walaupun banyak kekurangannya . Akhir kata saya ucapkan trimakasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb

                                                                                   Jakarta, 2 Desember 2011
                                                                                   Nur Haniza Roviqoh Dewi
  
Daftar isi

 








§  KATA PENGANTAR………………………………………………………………….  1
§  DAFTAR ISI……………………………………………………………………………..  2
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA
§  SEJARAH ISLAM MASUK DI NUSANTARA…………………………………  3
§  PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA………………………………..  7
§  KERAJAAN ISLAM DI JAWA………………………………………………………  8
§  KERAJAAN ISLAM DI SUMATRA………………………………………………..10
§  KERAJAAN ISLAM DI SULAWESI………………………………………………. 11
§  DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………… 13
§  PENUTUP………………………………………………………………………………… 14






.
 


SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA


A.  Sejarah Islam masuk diNusantara
Masuknya agama islam di Indonesia dimuali pada abad ke -13 Masehi,dibawa olehpara pedagang dari Gujarat,india. namun , ada pendapat lain yang disepakati oleh para ahli sejarah Indonesia bahwa masuknya agama islam di Indonesia melalui kesepakatan sebagai berikut:
1.     Islam masuk Indonesia pada abad 1 hijriyah atau abad 7 Masehi.
2.     Agama islam masuk di Indonesia tidak melalui india tetapi langsung dari Mekah
3.     Dalam perkembanganya Islam di Indonesia banyak diwarnai oleh mazhab syafi’i
Pendapat lain yang mengatakan tentang masuknya Islam di Indonesia ada 3 teori Persia (P.A Hussain Dijayadiningrat),teori Gujarat (Snouck Hurgonje) ,teori Mekah (Hanka) .










 

B.  Perkembangan islam di Nusantara
Berkembang dari abad ke abad melalui beberapa jalur yaitu jalur perdagangan ,jalur pendidikan , dan lain sebagainnya, yaitu sebagai berikut:

1.     Metode Perdagangan
Pedagang dari Arab,Persia sudah ikut andil dalam lalu lintas perdagangan yang menghubungkan Asia Barat,Asia timur,dan Asia tenggara pada abad ke-7 sampai abad ke-16. Para pedagang muslim akhirnya berdakwah menyebarkann agama Islam . daerah yang pertama kali di singgahi adalah Aceh,hingga terbentuklah kelompok-kelompok. Kelompok ini lah agama Islam Berkembang pesat. Dengan menunggu angina muson (6 bulan), pedagang mengadakan perkawinan dengan penduduk asli. Dari perkawinan itulah terjadi interaksi social yang menghantarkan Islam berkembang (masyarakat Islam).
2. Pembentukan masyarakat Islam dari tingkat ‘bawah’ dari rakyat lapisan bawah, kemudian berpengaruh ke kaum birokrat (J.C. Van Leur).
3. Gerakan Dakwah, melalui dua jalur yaitau:
a. Ulama keliling menyebarkan agama Islam (dengan pendekatan Akulturasi dan Sinkretisasi/lambing-lambang budaya).
b. Pendidikan pesantren (ngasu ilmu/perigi/sumur), melalui lembaga/sisitem pendidikan Pondok Pesantren, Kyai sebagai pemimpin, dan santri sebagai murid.
Dari ketiga model perkembangan Islam itu, secara relitas Islam sangat diminati dan cepat berkembang di Indonesia. Meskipun demikian, intensitas pemahaman dan aktualisasi keberagman islam bervariasi menurut kemampuan masyarakat dalam mencernanya


 


2.     Metode Sosial dan Budaya
Islam juga dipengaruhin oleh sosial dan budaya .para pedagangmuslim memiliki status social yang lebih baik dari pada penduduk pribumi. Pada akhirnya ,ajaran islam dapat berkembang dan menyebar lebih cepat.



 

c. Kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara
1. Kerajaan Islam di Jawa
    Para ulama yang sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam adalah Walisanga. Para wali tersebut di antaranya sebagai berikut :
                  .               
(sunan Gunung Jati)          (sunan Ampel)                   (Sunan Maulana Malik)
8.
 

                                   
(Sunan Muria )                    (Sunan Drajat )                   (sunan Bonang)
                                 
(Sunan Giri )                                    (sunan Kudus )                    (sunan Kali jaga)

            Dan ini beberapa kerajaan-kerajaan di jawa :
A.    Kerajaan demak
Ini merupakan kerajaan Islam pertama kali di jawa. Yang didirikan oleh Raden Patah pada abad ke-15 hingga awal abad ke-16. Demak berdiri atas prakarsa gurunya yaitu Sunan Ampel. Demak memiliki peran ganda yaitu sebagai Bandar Perdagangan dan pusat-pusat penyebaran agama islam . raja Demah setelah Raden Patah adalah Pangeran Patih Unus anak dari Raden Patah. Sultan tranggono adik dari Raden Patah,dan pangeran Prawoto.

B.     Kerajaan Pajang

Kerajaan Pajang Merupaka tindak lanjut dari kerajaan Demak. Yang berdiri pada aabad ke-1546 Masehi. Raja pertama kali merupakan Sultan Hadiwijayaatau dikenal dengan Joko Tingkir. Kerajaan Pajang di pindahkan ke Mataram , maka pada tahun 1586 berdiri kerajaan Mataram Islam.

C.     Kerajaan Mataram
Raja yang pertama kali memimpin adalah Sutawijaya atau dikenak Penembangan Senopati. Daerah kekuasaannya meliputi Jawa Tengah,Jawa Timur, dan sebagian wilayah Jawa Barat. Sultan Agung kemudin wafat pada tahun 1645 dan dimakamkan di Imogiri.

D.    Kerajaan Cirebon
Kerajaan ini didirikan oleh Fatahillah adalah panglima perang kerajaan Demak. Pada tahun 1626, Demak mengirimkan pasukan ke Cirebon di bawah pimpinan Fatahillah.missi ini membawa hasilmyang gemilang. Kota Cirebon dapat ditaklukan dalam waktu singkat karena dapat bantuan dati masyarakat setempatyang sudah memeluk agam Islam. Pada tanggal 22 juni 1727 pasukan Fatahilla dapat mengalahkan Portugis yang dipimpin oleh Fransisco de sa. Namun sunda kelapa diubah menjadi Jayakarta yang artinya kota kemenangan. Fatahilla wafat pada usia 80 tahun dan dimakamkan di Gunung Jati Cirebon.

2.     Kerajaan islam di Sumatra

A.    Kerajaan Samudra Pasai
Kerajaan Samudra Pasai berdiri pada abad ke-XIII M sebagai proses masuknya Islam si daerah-daerah pantai yang pernah disinggahi pedagang-pedagang muslim sejak abad ke-VI-VII M. raja yang pertana kali adalah Sultan Malik Al-Saleh yang wafatpada tahun 1297,setelah wafatnya beliau kerajaannya pun di gantikan oleh anaknya yang bernama Sultan Muhammad (Malik Alzahir)



 

B.     Kerajaan Aceh
Kerajaan ini didirikan oleh Sultan Li Mughayat Syah,yang juga dikenal sebagai Sultan pertama yang memerintah pada tahun 1514-1528. Aceh mengalami kejayaannya sejak diperintah oleh sultan Iskandra Muda pada tahun 1607-1636 M. Sultan Iskandar Muda berhasil memakmurkan rakyat Aceh. Beliau juga melakukan penentangan keras terhadap VOC. Tapi akhirnya Aceh kalah dan harus membuat perjanjian dagang dengan VOC yang isinya banyak menguntungkan VOC. 

                C.     Kerajaan Kesultanan Peureulak adalah kerajaan Islam di Indonesia yang berkuasa di sekitar wilayah Peureulak, Aceh Timur, Aceh sekarang antara tahun 840 sampai dengan tahun 1292.[rujukan?] Perlak atau Peureulak terkenal sebagai suatu daerah penghasil kayu perlak, jenis kayu yang sangat bagus untuk pembuatan kapal, dan karenanya daerah ini dikenal dengan nama Negeri Perlak. Hasil alam dan posisinya yang strategis membuat Perlak berkembang sebagai pelabuhan niaga yang maju pada abad ke-8, disinggahi oleh kapal-kapal yang antara lain berasal dari Arab dan Persia. Hal ini membuat berkembangnya masyarakat Islam di daerah ini, terutama sebagai akibat perkawinan campur antara saudagar muslim dengan perempuan setempat

3.     Kerajaan Islam di Sulawesi
.
Kerajaan yang terkenal di Sulawesi adalah kerrajaan Makasar , karena letaknya yang strategis di jalur-jalur lalu lintas perdagangan antara Malakadan Maluku. Raja Makasar yang pertama kali memeluk agama Islam adalah Sultan Alaudin. Puncak kejayaan kerajaan Makasar terjadi pada masa pemerintahan Sultan Hasanudinyang mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur, karena keberaniannya melawan Belanda.berikut adalah beberapa kerajaan dari Sulawesi :
A.    Kerajaan Gowa
Raja yang pertama adalah  Sultan Alaudin (1593-1639). Kerajaan ini berdiri pada abad ke-13M. pada masa Sultan Alauddin berkuasa ,islam dijadikan sebagai agama Negara yang harus dianut oleh seluruh rakyat. Hal ini tertuang dalam maklumatnya. Tanggal  November 1607 M. Beliau juga pemimpin kerajaan yang paling gigih menentang Belanda.

B.     Kerajaan Ternate dan Tidore
Diantara kesultanan tersebut Ternatelah yang paling menonjol. Terkenalnya Ternate menyebabkan persaingan dan peperangan melawan tidore, dan ini dimanfaatkan oleh Portugis dan Spanyol. Puncak perlawanan tersebut terjadi pada masa Sultan Khairun dari Ternate, setelah beliau wafat,dilanjutkan oleh Sultan Baabullah. Dibawah pimpinannya, pada tahun 1575 M, portugis berhasil diusir dari Maluku. Hingga pada tahun 1605 VOC datang.












 

Beberapa Pendapat Tentang Awal Masuknya Islam di Indonesia.
1.     Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke 7:
1.     Seminar masuknya islam di Indonesia (di Aceh), sebagian dasar adalah catatan perjalanan Al mas’udi, yang menyatakan bahwa pada tahun 675 M, terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga. Pada tahun 648 diterangkan telah ada koloni Arab Muslim di pantai timur Sumatera.
2.     Dari Harry W. Hazard dalam Atlas of Islamic History (1954), diterangkan bahwa kaum Muslimin masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M yang dilakukan oleh para pedagang muslim yang selalu singgah di sumatera dalam perjalannya ke China.
3.     Dari Gerini dalam Futher India and Indo-Malay Archipelago, di dalamnya menjelaskan bahwa kaum Muslimin sudah ada di kawasan India, Indonesia, dan Malaya antara tahun 606-699 M.
4.     Prof. Sayed Naguib Al Attas dalam Preliminary Statemate on General Theory of Islamization of Malay-Indonesian Archipelago (1969), di dalamnya mengungkapkan bahwa kaum muslimin sudah ada di kepulauan Malaya-Indonesia pada 672 M.
5.     Prof. Sayed Qodratullah Fatimy dalam Islam comes to Malaysia mengungkapkan bahwa pada tahun 674 M. kaum Muslimin Arab telah masuk ke Malaya.
6.     Prof. S. muhammmad Huseyn Nainar, dalam makalah ceramahnay berjudul Islam di India dan hubungannya dengan Indonesia, menyatakan bahwa beberapa sumber tertulis menerangkan kaum Muslimin India pada tahun 687 sudah ada hubungan dengan kaum muslimin Indonesia.
7.     W.P. Groeneveld dalam Historical Notes on Indonesia and Malaya Compiled From Chinese sources, menjelaskan bahwa pada Hikayat Dinasti T’ang memberitahukan adanya Aarb muslim berkunjung ke Holing (Kalingga, tahun 674). (Ta Shih = Arab Muslim).
8.     T.W. Arnold dalam buku The Preching of Islam a History of The Propagation of The Moslem Faith, menjelaskan bahwa Islam datang dari Arab ke Indonesia pada tahun 1 Hijriyah (Abad 7 M).
4.
 

1.     Islam Masuk Ke Indonesia pada Abad ke-11:
1.     Satu-satunya sumber ini adalah diketemukannya makam panjang di daerah Leran Manyar, Gresik, yaitu makam Fatimah Binti Maimoon dan rombongannya. Pada makam itu terdapat prasati huruf Arab Riq’ah yang berangka tahun (dimasehikan 1082)
2.     Islam Masuk Ke Indonesia Pada Abad Ke-13:
1.     Catatan perjalanan marcopolo, menyatakan bahwa ia menjumpai adanya kerajaan Islam Ferlec (mungkin Peureulack) di aceh, pada tahun 1292 M.
2.     K.F.H. van Langen, berdasarkan berita China telah menyebut adanya kerajaan Pase (mungkin Pasai) di aceh pada 1298 M.
3.     J.P. Moquette dalam De Grafsteen te Pase en Grisse Vergeleken Met Dergelijk Monumenten uit hindoesten, menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13.
4.     Beberapa sarjana barat seperti R.A Kern; C. Snouck Hurgronje; dan Schrieke, lebih cenderung menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13, berdasarkan saudah adanya beberapa kerajaaan islam di kawasan Indonesia.
 Pembawa Islam ke Indonesia
Sebelum pengaruh islam masuk ke Indonesia, di kawasan ini sudah terdapat kontak-kontak dagang, baik dari Arab, Persia, India dan China. Islam secara akomodatif, akulturasi, dan sinkretis merasuk dan punya pengaruh di arab, Persia, India dan China. Melalui perdagangan itulah Islam masuk ke kawasan Indonesia. Dengan demikian bangsa Arab, Persia, India dan china punya nadil melancarkan perkembangan islam di kawasan Indonesia.
Gujarat (India)
Pedagang islam dari Gujarat, menyebarkan Islam dengan bukti-bukti antar lain:
1.     ukiran batu nisan gaya Gujarat.
2.     Adat istiadat dan budaya India islam.
.
 

Persia
Para pedagang Persia menyebarkan Islam dengan beberapa bukti antar lain:
1.     Gelar “Syah” bagi raja-raja di Indonesia.
2.     Pengaruh aliran “Wihdatul Wujud” (Syeh Siti Jenar).
3.     Pengaruh madzab Syi’ah (Tabut Hasan dan Husen).
Arab
Para pedagang Arab banyak menetap di pantai-pantai kepulauan Indonesia, dengan bukti antara lain:
1.     Menurut al Mas’udi pada tahun 916 telah berjumpa Komunitas Arab dari Oman, Hidramaut, Basrah, dan Bahrein untuk menyebarkan islam di lingkungannya, sekitar Sumatra, Jawa, dan Malaka.
2.     munculnya nama “kampong Arab” dan tradisi Arab di lingkungan masyarakat, yang banyak mengenalkan islam.
China
Para pedagang dan angkatan laut China (Ma Huan, Laksamana Cheng Ho/Dampo awan ?), mengenalkan islam di pantai dan pedalaman Jawa dan sumatera, dengan bukti antar lain :
1.     Gedung Batu di semarang (masjid gaya China).
2.     Beberapa makam China muslim.
3.     Beberapa wali yang dimungkinkan keturunan China.
Dari beberapa bangsa yang membawa Islam ke Indonesia pada umumnya menggunakan pendekatan cultural, sehingga terjadi dialog budaya dan pergaulan social yang penuh toleransi (Umar kayam:1989)

.\
 





















Daftar pustaka
 





Hasil kaya tulis yang kami buat merupakan bersumber dari :
buku ganeca Agama Islam kelas IX
LKS Agama Islam kelas IX
LKS Aksi Agama Islam kelas IX




Penutup












Assalamualaikum WR.WB

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan saya kemudahan untuk bisa membuat karya tulis tersebut. Sholawat dan salam kita panjat kan kepada nabi besar Muhammad SAW yang selalu memberkahi kami.
Saya sangat bersyukur karena sampai saat ini saya masih diberi kesehatan sehingga saya bisa membuat karta tulis ini , semoga karya tulis yang saya buat ini dapat bermanfaat,dapat dimengerti dan di pahami oleh pembaca.
Demikian lah kata penutup saya dan akhiran dari karya tulis saya , bila ada kekurangan mohon maaf . atas perhatian saya ucapkan trimakasih .

Wassalamualaikum WR.WB
                                                                                      Penulis.




 








































































































































































































































                                          

                                 

                                  

1 komentar: